Konvergensi
Teknologi Informasi & Internet di Indonesia
Apakah konvergensi media itu?
Kata “konvergensi” sering digunakan
untuk merujuk ke berbagai proses yang berbeda, sehingga terkadang menimbulkan
kebingungan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya
saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio,
televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan
interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.
Dalam perumusan yang lebih
sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai
jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer,
televisi, radio, dan suratkabar), ke dalam sebuah media tunggal.
Gerakan konvergensi media tumbuh
berkat adanya kemajuan teknologi akhir-akhir ini, khususnya dari munculnya
Internet dan digitisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan ”tiga-C”
(computing, communication, dan content).
Jika dijabarkan di level
perusahaan, maka konvergensi ini menyatukan perusahaan-perusahaan yang bergerak
di bidang informasi (komputer), jejaring telekomunikasi, dan penyedia konten
(penerbit buku, suratkabar, majalah, stasiun TV, radio, musik, film, dan
hiburan).
Broadband
Broadband secara
umum dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan
kapasitas tinggi. Menggunakan DSL, modem kabel, Ethernet, wireless access,
fiber optik, W-LAN, V-SAT, dsb. Rentang kecepatan layanan bervariasi dari 128
Kbps s/d 100 Mbps. Tidak ada defenisi internasional spesifik untuk broadband.
Dalam draf RPM penataan pita frekuenzi radio untuk keperluan layanan akses pita
lebar berbasis nirkabel (broadband wireless access) di usulkan defenisi
broadband adalah layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kemampuan
kapasitas diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1
Sejarah jaringan broadband
Pada awal mula perkembangan broadband, perusahaan telekomunikasi
menggunakan kabel tembaga sebagai media transmisinya, namun permasalahannya
servis-servis yang dapat ditawarkan sangat terbatas. Permasalahan ini
disebabkan oleh keterbatasan bandwidth yang dapat dipergunakan.
Seiring dengan berjalannya waktu, mucullah teknologi baru yang pelayanannya
menggunakan bandwidth lebih besar, teknologi ini disebut broadband. Salah satu
teknologi broadband tersebut adalah DSL yang dapat memberikan layanan triple
plays ( voice, video dan data) Teknologi-teknologi lainnya yang mendukung
layanan triple plays adalah : HFC cables, wireless dan fiber optik yang
menggunakan system PON ( Passive Optical Network ). Pertengahan tahun 90an
adalah saat2 penting dari perkembangan telekomunikasi, dimana pada masa itu
mulai diimplementasikan teknologi-teknologi baru seperti : SONET (Synchronous
Optical Network), ATM (Asynchronous Transfer Mode), Frame Relay dan ISDN
(Integrated Services Digital Network) Dengan munculnya teknologi-teknologi baru
tersebut, kinerja perusahaan telekomunikasi menjadi semakin lambat dan
pendapatanpun berkurang.
Untuk menyiasatinya, di mulailah bisnis baru dengan layanan baru untuk
menciptakan pendapatan baru. Pada saat bersamaan kompetitor perusahaan
telekomunikasi, Cable operator atau MSO (Multisystem Operator), memulai era
persaingan baru. Sehingga pada pertengahan sampai akhir tahun 90an terjadi
persaingan sengit diantara dua perusahaan tersebut. Pada saat itu MSO sudah
menggunaan HFC cable ( Hybrid Fiber Coaxial), sementara perusahaan
telekomunikasi menggunakan twisted pair coaxial. Kemudian muncul teknologi baru
yang disebut ADSL, perusahaan telekomunikasi menganggap ini sebagai kesempatan
untuk mengembangkan bidang usahanya, yaitu layanan broadband video, yang
menggunakan spectrum frekuensi yang tidak terpakai pada kabel tembaga yang ada.
Pada saat itu perusahaan telekomunikasi mengira bahwa layanan video on demand
akan menarik minat banyak pelanggan.
Namun pada saat bersamaan, internet muncul dan langsung masuk dan
berkembang di pasaran dengan perkembangan yang sangat pesat. Sehingga ADSL yang
pada mulanya difokuskan untuk layanan video streaming to the home, mulai
dikembangkan untuk layanan data internet, sehingga dalam satu media transmisi
dapat dilayani tiga buah layanan yaitu voice, video dan data.
Faktor pendorong broadband
a. Untuk pemerintah
- Broadband dilihat sebagai insfaktur penting untuk mencapai tujuan-tujuan
pemerintah dibidang sosi-ekonomi.
- Untuk mendorong penyediaan layanan publik seperti E-governance,
E-learning, Tele-medicine.
b. Untuk penyelenggara jaringan/jasa telekomunikasi
- Suatu pilihan untuk mengurangi penurunan pendapatan dari teknologi lama
(POTS/PTSN).
- Potensi tambahan pendapatan dari layanan nilai tambah
- Potensi penambahan secara eksponensial dalam ARPU.
c. Untuk komsumen
- Tersedianya rentang aplikasi yang lebih banyak dan lebih kaya.
- Akses yang lebih cepat terhadap informasi.
- Layanan yang semakin mengarah konvergensi (VOIP, video on demand).
Teknologi broadband
# Teknologi broadband
Infrastruktur Eksisting
- DSL melalui jaringan akses tembaga (DSL over Copper loop)
- Modem kabel melalui jaringan TV kabel (Cable Modem Over Cable TV Network)
- Akses broadband jalur listrik (Power Line Broadband Access)
# Infasturktur baru
- Fiber To The Home (FTTH)
- Hybrid Fiber Coaxial (HFC)
# Infastruktur
Nirkabel
- Wireless Access (FWA) / High speed WLL
- Wireless LAN (Wi-Fi) (802.11), Wimax (802.16), I-Burst (802.20), dsb
- V-SAT
- IMT-2000 (3G Mobile): HSDPA/ CDMA-EDEVO
Aplikasi broadband
# Layanan Personal
- Akses Internet berkecepatan tinggi (256 kbps dan lebih)
- Multimedia
# Layanan publik dari
pemerintah
- E-governance
- E-education
- Tele-medicine
# Layanan komersial
- E-commerce
- Corporate internet
- Videoconferencing
# Layanan video dan
hiburan
- Broadcast TV
- Video dan demand
- Interactive gaming
- Music on demand
- Online radio
Layanan broadband
DSL
DSL adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting
untuk layanan broadband. Jenis-jenis teknologi : HDSL, ADSL, IDSL, SDSL, VDSL,
dll. DSL mampu membawa informasi suara dan data (termasuk gambar/video), untuk
data dengan kecepatan bervariasi (32Kbps s/d 8Mbps).
Karena menggunakan kabel telepon, maka DSL menyediakan bandwith frekwensi
secara dedicated (no-share bandwidht). DSL mempunyai Bite Rate yang tinggi
(asymetric dan symetric). DSL menggunakan aplikasi mode IP dan ATM. Dan DSL
mudah instalisasi dan langsung dapat dipakai.
ADSL
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi akses yang
memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan,
menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair.
Disebut asimetrk karena rate/kecepatan transmisi dari sental ke pelanggang
(downstream) tidak sama dengan rate transmisi dari arah pelanggan kesentral
(upstream). Bit rate downstream 8Mb/s, upstream 640kb/s. Aplikasi ini digunakan
untuk menyalurkan layanan broadband.
Komponen pembangun ADSL
1. Modem ADSL
2. Splitter
3. DSLAM
4. Remote DSLAM
5. ATM Switch
6. BRAS
7. RADIUS
8. NMS
Kesimpulan
1.Broadband dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki kecepatan
tinggi, kapasitas tinggi menggunakan DSL, Modem kabel, Ethernet, Wireless
access, Fiber optik, W-LAN, V-SAT, dsb.
2.Faktor pendorong broadband dapata dilihat dari tingkat kepentingan dari
beberapa pihak, seperti : pemerintah, penyelenggara telekomunikasi, dan
konsumen.
3.Teknologi broadband meliputi pengembangan teknologi exiting, insfaktur
baru, maupun wireless.
4.Beberapa contoh teknologi broadband adalah SONET, ATM, xDSL, dsb.
5.Aplikasi broadband dapat berupa layanan personal, layanan publik, layanan
Social
Networking
Social Networking Site (SNS) atau
biasa disebut juga jaringan sosial didefinisikan sebagai suatu layanan berbasis
web yang memungkinkan setiap individu untuk membangun hubungan sosial melalui
dunia maya seperti membangun suatu profil tentang dirinya sendiri, menunjukkan
koneksi seseorang dan memperlihatkan hubungan apa saja yang ada antara satu
member dengan member lainya dalam sistem yang disediakan, dimana
masing-masing social networking site memiliki ciri khas dan sistem
yang berbeda-beda, beberapa contoh Social Networking
Site diantaranya MySpace, Facebook, Cyworld, and Bebo. Fungsi dari
penerapan Social Networking Site itu sendiri berfokus pada koneksi
yang akan dibangun oleh satu orang dengan orang lainnya, dimana dapat berupa
hubungan sahabat, keluarga, seks, event, profesi hingga bisnis dan
pekerjaan (Boyd & Ellison, 2007).
Komponen-komponen arsitektur dari sebuah
situs jaringan sosial menurut Mike Gotta dalam artikelnya “Reference
Architecture For Social Network Sites (2008) ” yang ber-referensi dari IT
Research Buton Group, yaitu sebuah situs jaringan sosial adalah sebuah situs
web yang :
Berperan sebagai fasilitas bagi individu
untuk menjalin hubungan dengan individu lainnya sehingga memungkinkan mereka
untuk bersama-sama membangun atau memperluas jaringan sosial mereka.
Merupakan sebuah fasilitas bagi
orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi informasi dalam situs,
berpartisipasi dalam kegiatan situs yang berbeda, dan membangun komunitas
secara informal dan sukarela.
Mengandung komponen spesifik yang
memungkinkan orang untuk:
mendefinisikan profil secara online.
daftar hubungan individu.
pemberitahuan tentang suatu kegiatan
(notification).
berpartisipasi dalam kegiatan suatu
kelompok masyarakat (group).
pengaturan privasi dan izin.
Terintegrasi
dengan platform infrastruktur yang terkait untuk melengkapi
sistem end-to-end (misalnya direktori, keamanan, dan aplikasi
integrasi).
Apa yang membuat situs jaringan sosial
unik adalah bukan karena setiap orang memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan
sosial dengan orang-orang yang tidak dikenal sekalipun, namun social
networking site memungkinkan profil jaringan sosial pada setiap individu
bersifat visible bagi seluruh member, itu jika di kehendaki oleh
individu tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan hubungan antara individu, yang
tidak seharusnya terhubung menjadi dapat dibuat. Pada banyak sosial
networking site yang besar, individu tidak selalu berusaha untuk mencari
atau bertemu dengan orang-orang baru, melainkan mereka lebih mengutamakan untuk
menjalin komunikasi dengan orang yang sudah menjadi bagian dalam jaringan
sosial mereka.
Salah satu fitur teknis yang diterapkan
oleh social networking site, profil yang unik dimana menjadi tempat setiap
orang untuk mendefinisikan dirinya yang mencakup identitas-identitas mendasar
antara lain umur, lokasi, about me, Contact Info, dan status-status
lainnya. Kebanyakan situs juga mendorong pengguna untuk meng-uploadfoto untuk
profilnya. Selain itu, beberapa situs juga memungkinkan pengguna untuk
memodifikasi penampilan profil mereka dengan menambahkan konten-konten yang
bersifat multimedia. Contoh lainnya, seperti Facebook, memungkinkan pengguna
untuk menambahkan modul application yang sangat bervariasi agar
profil terlihat lebih menarik.
Visibilitas profil
suatu account bervariasi menurut situs dan kebijaksanaan pengguna itu
sendiri. Situs seperti Facebook dan MySpace memungkinkan pengguna untuk memilih
apakah profil mereka terbuka untuk umum atau “teman saja”. Secara default,
pengguna yang merupakan bagian dari jaringan yang sama dapat melihat profil
masing-masing member, kecuali seorang pemilik profil telah memutuskan untuk
membatasi izin hak akses kepada anggota-anggota lain dalam jaringan tersebut.
Setelah bergabung dengan suatu situs
jejaring sosial, biasanya pengguna akan mengindentifikasi orang-orang yang
memiliki hubungan dengannya, baik anggota yang telah memiliki account di
jaringan yang sama mapupun belum. Label untuk hubungan-hubungan ini akan
berbeda-beda, ada yang bersifat satu arah ataupun dua arah. Kebanyakan SNS
memerlukan konfirmasi dua arah untuk suatu hubungan pertemanan, sedangkan
contoh hubungan satu arah misalnya hubungan antara fans dengan idolanya. Dalam
situs jejaring sosial, kesalahan dalam mengartikan hubungan teman antar anggota
dalam situs sering terjadi dimana koneksi yang terjadi antara satu individu
dengan individu yang lainnya tidak selalu berarti adanya hubungan pertemanan
antar dua individu tersebut dan setiap orang punya alasan masing-masing dalam
menciptakan hubungan itu.
Tampilan koneksi publik suatu profil
member merupakan komponen yang sangat penting dari situs jejaring sosial.
Daftar teman suatu member yang berisi link ke setiap profil
masing-masing, memungkinkan satu individu untuk melihat hubungan jaringan dari
satu hubungan ke hubungan yang lainnya. Namun semua itu tetap ada pengecualian
jika pemilik profil memberikan izin hak akses untuk fitur
“friend” miliknya. Kebanyakan SNSs juga menyediakan mekanisme bagi
pengguna untuk meninggalkan komentar pada profil temannya. Selain itu, SNS
sering juga memiliki fitur pesan pribadi mirip
dengan webmailatau private message.
Konsep Jejaring Sosial
Sejarah dan defenisi:
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web
berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat
list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk
bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini
menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas
diri dan foto pengguna.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook ( www.facebook.com )
2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus ( www.kaskus.com )
4. Friendster ( www.friendster.com )
5. Kill Hannah Kollective ( www.killhannahkollective.org )
6. Yahoo Messenger ( www.messenger.yahoo.com )
7. Yahoo Koprol ( www.koprol.com )
8. Plurk ( www.plurk.com )
9. My Space ( www.myspace.com )
10. Flickr ( www.flickr.com )Dan masih banyak lagi lainnya.
Dampak Positif dan Negatif:
Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial.
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan
mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih
murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs
jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu
dengan teman - teman lama. Bahkan untuk mencari uang, seperti menjual barang
melalui bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.
Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik olahraga dan
lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau membuat suatu
komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak orang dimanapun
berada dan saling bertukar informasi.
Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita
melalui video – video, foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke
profil kita yang dapat di lihat banyak orang.
Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak
orang seperti yang di lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk
masalah social seperti “Koin Untuk Prita”.
Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan
situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka
(face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs
jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring
sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar
yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak
negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi
seseorang.
Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih
mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial
mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex
criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai
keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam situs
jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk
menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata
dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status
kewanitaan korban.
Konsep Podcasting
Defenisi
Istilah "podcasting" Singkata balik (backronym)
telah diusulkan supaya "podcast" dapat diuraikan sebagai
"personal on demand broadcast" (penyiaran atas permintaan
pribadi).
Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika
Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
1. Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah
ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas
untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat
menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
2. Menyediakan alat komunikasi bisnis yang
efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa
itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda.
Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis
dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai
seorang penulis ahli di bidang Anda.
3. Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai
tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah
menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan
pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat
kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu
ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
4. Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika
digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk
rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari
hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa
Anda dapatkan dari Podcasting.
5. Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel.
Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja.
Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
6. Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu
lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan
mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada
penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan
harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting,
Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web.
Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan
potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas
untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran
dan alat komunikasi.
Konsep RSS
Kita pasti sering mendengar kata atau istilah RSS. RSS
biasanya sering dilambangkan dengan icon seperti di samping. Apa itu
RSS? RSS adalah singkatan dari istilah yang merujuk pada beberapa
protokol:
Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
Rich Text Summary ( 0.91 )
Defenisi:
RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk
mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari
suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang
berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti
widget, iklan, CSS, ataupun javascript.
.
Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris
yaitu convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau
lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik. Konvergensi media di era
globalisasi merupakan bentuk penggabungan media konvensional dengan media baru
untuk diarahkan dalam satu tujuan. Konvergensi media sangat berguna bagi
khalayak, sebab dapat memperoleh informasi dengan praktis tanpa membutuhkan
biaya banyak. Konvergensi menyebabkan perubahan radikal dalam
penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi
baik visual, audio, data dan sebagainya. Kunci dari konvergensi adalah
digitalisasi. Sekarang kita bisa melihat computer bisa dijadikan sebagai
televisi atau telepon genggam dapat menerima suara, tulisan, data maupun
gambar tiga dimensi (3G).
Konvergensi media di era
digital akan masih berlangsung dan masih tidak dapat diprediksikan dengan pasti
apa yang akan terjadi pada media dimasa yang akan mendatang. Konvergensi media
tidak bisa dikatakan sebagai suatu hal yang positif ataupun negative, karena
akan menimbulkan penilaian yang berbeda apabila dilihat dari berbagai sudut
pandang yang ada. Manusia dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi yang
ada dan terbaru dengan konvergensi media di era digital sekarang ini. Tidak
perlu lagi mencari susah payah dari berbagai tempat dan berbagai sumber untuk
mendapatkan informasi. Cukup dengan internet manusia dapat menikmati berbagai
informasi yang ada dan terbaru. Namun dampak negative dari konvergensi media
juga pasti ada. Karena selalu ingin mendapatkan informasi terbaru, manusia bisa
menjadi addicted kepada media digital. Ini dapat mengurangi interaksi social
antara manusia, Karena manusia merasa nyaman dengan berkomunikasi dengan dengan
media digital. Untuk kita harus bijak dan pintar dalam menghadapi era
globalisasi seperti saat ini
5. Contoh
Confergensi Media
a. Fixed Mobile
Convergence (FMC)
Komunikasi seamless (tanpa
batas) membutuhkan solusi jaringan kabel dan nirkabel terintegrasi. Dengan FMC,
keterbatasan akses bermacam jaringan bisa diatasi tanpa masalah. FMC
memungkinkan layanan lintas jaringan bisa terjadi.
b. Internet
Sebagai jaringan, internet merupakan
konvergensi antara komputer dengan teknologi jaringan serta infrastruktur
telekomunikasi telepon (PSTN dan nirkabel/wireless).
Sebagai device (alat)
internet merupakan konvergensi fungsi transmisi data,
gambar, suara dan gambar bergerak.
c. Telepon genggam
Sebagai device (alat),
telepon genggam memiliki fungsi sebagai telepon, radio, organizer,
kamera, GPS (Global Positioning System) sederhana, siaran televisi (video streaming),
dsb.
d. TV Kabel
Sebagai device (alat),
memiliki fungsi sebagai televisi siaran, televisi kabel, akses internet/data.
Konvergensi media juga mendorong
bentuk-bentuk konvergensi dan perubahan lainnya, yaitu:
1. Konvergensi Teknologi
Kebutuhan akan konvergensi media
mendorong perubahan teknologi ke arah berintegrasinya beberapa teknologi yang
selama ini ada pada bidang teknologi dan media yang terpisah, seperti misalnya:
Teknologi Kamera
Dilakukan dengan memadukan teknologi
pengambilan dan penyimpanan gambar secara optis dan digital dalam kamera, yang
terlihat pada teknologi kamera foto dan kamera video.
Teknologi Pesawat Televisi
Dengan meningkatkan keragaman fungsi
penerima televisi yang memunculkan perangkat-perangkat baru penerima TV seperti
HDTV (High Definition Televisi).
Teknologi Telepon
Ditingkatkannya kemampuan
jaringan telepon dengan penggunaan sinyal digital dan serat optik sehingga
jaringan PSTN dapat dijadikan IntelligentNetwork (IN) dan
memberikan layanan Integrated Service Digital Network (ISDN).
Bentuk lainnya adalah dengan
digunakannya jaringan seluler dan transmisi satelit yang diintegrasikan dengan
jaringan PSTN serta digunakannya teknologi cordless pada
pesawat telepon.
Teknologi Cetak Jarak Jauh
Yaitu dengan diintegrasikannya
teknologi cetak modern dengan sistem transmisi data, baik melalui satelit
(nirkabel), Local Area Network (LAN) berupa nirkabel dan
kabel, maupun Personal Area Network (PAN) berupabluetooth sehingga
menghasilkan kemampuan cetak jarak jauh (remote printing).
2. Konvergensi dalam Industri
Komunikasi
Bergabungnya beberapa perusahaan yang
bergerak pada industri yang sejenis
misalnya:
- Industri
televisi, seperti stasiun TV siaran, TV Kabel dan transmisi satelit (DBS TV).
- Industri
infrastruktur telekomunikasi: penyedia jaringan PSTN denganIntelligent
Network (IN) dan ISDN serta penyedia jaringan telepon seluler.
- Industri
radio: stasiun radio dengan penyelenggara jasa transmisi melalui satelit dan
internet (radio satelit dan radio internet).
3. Perubahan Gaya Hidup
Terjadinya perubahan dalam gaya hidup
sehari-hari, antara lain terlihat melalui:
- Munculnya
“gaya hidup digital” dan gaya “hidup on line” dengan penggunaan
komputer dan LAN secara meluas, paperless office, realtime data (untuk
ATM dan Banking system, Airline reservation, dsb).
- Memasyarakatnya
“cybermedia” dan “cybersociety” sejalan dengan meluasnya
pemakaian internet, aplikasi chatting, e-mail, dan ecommerce serta
e-banking.
- Munculnya
“gaya hidup mobile” dengan menggunakan ponsel secara luas serta
pemanfaatannya untuk m-commerce dan m-banking.
IPTV
IPTV (Internet Protocol Television) adalah
suatu sistem dimana layanan digital televisi dikirimkan menggunakan Internet
Protocol melalui jaringan infrastruktur diantaranya termasuk koneksi yang
berkecepatan tinggi. Sebuah sistem IPTV digunakan dalam bisnis memungkinkan
ratusan saluran TV dan video untuk dilihat pada jumlah yang tidak terbatas dari
TV dan PC terhubung ke jaringan data yang ada.
IPTV VS Internet
Kurang lebih begini definisinya, IPTV adalah
layanan dimana data dari signal tv digital ditransmisikan melalui Internet
Protocol. Teknologi ini dianggap lebih murah dan efisien dibandingkan dengan teknlogi
siaran yang ada sekarang (menggunakan coaxial cable dan atau tv satelit) karena
dianggap tidak perlu membagun infrastruktur baru (menumpang pada jaringan
internet yang sudah ada sekarang).
Jawabanya adalah:
Bandwidth. lalu seberapa besar kebutuhannya?
sebagai perbandingan standar definition video
yang tidak dicompress membutuhkan 270 mbps untuk bisa di streaming dengan
kualitas yang baik. sedangkan untuk format Moving Expert Group (MPEG-2) butuh
sebesar 2 Mbps untuk mentransmisikan kualitas setara DVD adapun format MPEG-4
membutuhkan rate di kisaran 1 Mbps untuk mentransmisikan video dengan kualitas
setara DVD.
Contoh penerapan IPTV
1. TV broadcasting
2. Video-on-Demand (VOD)
3. Network-based Time Shifting (Pause Live
TV)
4. TV on demand atau disebut juga Catch-up TV
5. Network-based Personal Video Recorder
(NPVR)
sumber:
http://neww-media.blogspot.com/2012/11/konvergensi-teknologi-informasi.html
Komentar
Posting Komentar